Kuliah Umum Kepala BKKBN Propinsi Sulawesi Barat di STIKES Bina Generasi


Dra. Andi Rita Mariani M.Pd 1

Dra. Andi Rita Mariani M.Pd

Kuliah Umum  Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga bagi mahasiswa STIKES Bina Generasi Polewali Mandar. Dibawakan langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Barat Dra. Andi Rita Mariani M.Pd.  Dalam kuliah umum yang diadakan pada hari selasa, 14 Maret 2017, Ibu Andi menyampaikan paparannya tentang Melakukan Revolusi Karakter Bangsa melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.

Kuliah Umum yang langsung dimoderatori  oleh Wakil Ketua I bagian kurikulum dan Akademik STIKES Bina Generasi Polman , Asri Aprilia S.Kep., Ns. M.Kes. ini menyedot perhatian banyak kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus STIKES Bina Generasi Polman. Dra. Andi memaparkan bahwa  konsep pembangunan terdiri atas  empat hal yaitu  1.PEMBANGUNAN  BERKELANJUTAN (Sustainable development), 2. PEMBANGUNAN SUMBERDAYA MANUSIA(Human capital development),3. PEMBANGUNAN MANUSIA (Human development), dan 4.PEMBANGUNAN BERWAWASAN KEPENDUDUKAN (Peoplecentered development). Dalam mewujudkan  konsep pembangunan tersebut, ada  Sembilan agenda prioritas pembangunan 2015 -2019 ( Nawa Cita ) yang meliputi 1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.

2. Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

4. Memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.5.MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MANUSIA INDONESIA.

6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestic.

8. MELAKUKAN REVOLUSI KARAKTER BANGSA.

9.Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia .

Dra. Andi Rita Mariani M.Pd3

Beliau juga menjelaskan bahwa Nation building tidak mungkin maju kalau sekadar mengandalkan perombakan institusional tanpa melakukan perombakan manusianya atau sifat mereka yang menjalankan sistem ini. Sehebat apa pun kelembagaan yang kita ciptakan, selama ia ditangani oleh manusia dengan salah kaprah tidak akan membawa kesejahteraan. Revolusi mental … dimulai dengan lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal serta lingkungan kerja dan kemudian meluas menjadi lingkungan kota dan lingkungan negara.

Paparan dari orang nomor satu di lingkungan BKKBN Sulawesi Barat ini ini disampaikan dengan lugas, cerdas diselingi sedikit humor sehingga tak membuat audien berpindah perhatian. Banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang tersirat penuh makna dari setiap ulasan ulasan yang disampaikan. Bahkan, Para Dosen STIKES Bina Generasi Polman pun tak menampik hal ini. “ Beliau memang Luar Biasa,  STIKES Bina Generasi Polman sungguh sangat beruntung dapat menyimak paparan kuliah umum dari beliau” ungkap Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKES Bina Generasi Polman di saat menutup acara kuliah umum yang diiringi tepuk tangan oleh seluruh audien yang hadir saat itu. Selain memberikan kuliah umum, Ibu andi juga memberikan pembekalan bagi mahasiswa KKN, PKMD yang akan melaksanakan praktek di kecamatan Allu. STIKES Bina Generasi Polman telah berkomitmen sebagai landasan kerjasama  dengan BKKBN guna bersama sama membangun mental dan tekad generasi muda bangsa untuk ikut berjuang  memberikan pengetahuan , pengalaman tentang generasi muda yang cerdas sehingga mampu melakukan revolusi mental bagi Indonesia Raya. Saatnya yang muda yang berencana.

 

Please follow and like us:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *