Bunda, Selamat Hari Ibu…


stikes-bina-generasi-polewali-mandar

Selamat Hari Ibu. Hari ini 22 Desember, di Indonesia diperingati sebagai Hari Ibu. Para ibu adalah sosok luar biasa dalam hidup yang mengandung, melahirkan, membesarkan dan mendidik anak hingga menjadi tunas bangsa yang terbaik.

Tak kenal lelah seorang ibu mengandung anak hingga sembilan bulan. Ibu juga mengurus rumah tangga dan mendidik anak hingga berkarakter dan cerdas. Ibu masa kini bahkan dapat berbagi peran antara rumah tangga dan kantor.

Hari ibu sebetulnya dimulai pada era Yunani dan Romawi Kuno. Namun akar peringatan hari ibu dimulai di Inggris di mana setiap hari Minggu dirayakan sebagai penghormatan pada ibu. Begitu pula di Amerika Serikat.

Di AS, perayaan hari ibu dimulai sebelum abad ke 20. Perayaan hari ibu juga berbeda di sejumlah negara. Dilansir dari berbagai sumber, di Australia, hari ibu dirayakan untuk menunjukkan penghormatan atas segala jasa dan sosok ibu. Biasanya dirayakan setiap pekan kedua di hari Minggu di bulan Mei.

Begitu pula bagi masyarakat Kanada. Hari ibu ditujukan bagi para ibu yang dirayakan setiap Minggu pekan kedua di bulan Mei setia tahun.

Sedangkan hari ayah dirayakam di Kanada pada pekan ketiga di hari Minggu bulan Juni setiap tahun. Hari ayah ditujukan untuk menghormati sosok ayah yang telah membawa pengaruh positif bagi keluarga.

Hari ibu di Indonesia biasanya diwarnai dengan pemberian hadiah dari anak pada ibunya. Diantaranya kartu ucapan, bunga, cokelat, ciuman hangat, kue, hingga membantu ibu membersihkan rumah atau mengajak mereka makan di restoran. Karena itu, selagi ibu Anda masih ada di samping Anda, mari bahagiakan dia di momen hari ibu kali ini.

Simbol perayaan hari ibu juga ditunjukkan oleh Google. Pada laman Google Indonesia terlihat sepatu ibu dan sepatu anak sebagai simbol penghormatan bagi para ibu.

memang ada yang bilang, jelas tidak perlu ada hari Ibu (secara khusus), terutama jika dikaitkan dengan masalah menyayangi, menghormati, dan seterusnya, jika ternyata Ibu hanya diperlakukan secara istimewa di 1 (satu) hari itu saja. Agama mengajarkan kepada kita utk berbuat baik (menyayangi, menghormati, dan seterusnya) pada ortu (terutama ibu) SETIAP HARI.

  • Apalah arti menyayangi di hari Ibu, tapi di hari lain memperlakukan beliau seperti seorang pembantu?
  • Apalah arti berkata sayang di hari Ibu, tapi di hari lain memarahi ibunya karena kesalahan yg sepele?
  • Apalah arti memberi bunga di hari Ibu, tapi di hari lain menyusahkan dan membebani hidup beliau?

Well, banyak dari kita yg butuh momen atau mesti ada waktu2 khusus utk mengingatkan ttg pentingnya Ibu. So, tidak ada salahnya memperingati hari Ibu, asalkan memang sehari-hari kita sudah menyayangi, menghormati beliau. Dan di hari Ibu, kita memberi PERHATIAN YANG LEBIH daripada di hari biasa.

Lagipula, Ibu mana sih yg tidak senang diperhatikan secara khusus (walau hanya 1 hari)? Dan ingat, menyenangkan hati orang lain (terlebih Ibu) itu sangat baik dan dianjurkan!

Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *